Admin
SWITCH DATA JARINGAN LAN (LOCAL AREA NETWORK)
by Admin Utama - Tuesday, 24 April 2012, 12:12 PM
 

Prosesor Edisi 1 Juni 2010

Agus Junaidi, Defrianita Br Sitepu

Staf Pengajar Universitas Medan

Staf Pengajar Amik INTeL Com GLOBAL INDO

Abstrak

Informasi yang saat ini sangat berharga tidak hanya didapat dari sebuah pemberitahuan atau pun pengumuman, melainkan dengan berbagai media dan fasilitas yang dibantu dengan teknologi yang berkembang dengan pesat. Informasi yang merupakan data, dimana baik data yang umum dan rahasia sifatnya harus sampai pada yang tepat sasaran dan cepat. Dalam hal ini infomasi ataupun data yang disampaikan melalui media komputerisasi yang sangat berkembang dengan pesat, sehingga banyak dipergunakan dalam pengiriman dan penerimaan informasi baik jarak yang terjangkau maupun jaringan yang cukup luas.

Kata kunci : LAN, switch, data


1. Pendahuluan

Dalam suatu lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang bergerak dibidang komputer selalu mempunyai keinginan untuk berkembang secara terus-menerus. Untuk itu diperlukan suatu sistem dimana dengan adanya komputer pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan akan lebih mudah, cepat dan efisien.

Dengan penelitian dan observasi yang penulis lakukan pada Laboratorium di dapatbahwa sistem yang digunakan sudah menggunakan sistem Jaringan LAN (Local Area Network), karena dewasa perkembangan jaman teknologi sekarang ini sudah semakin canggih, maka dari itu dengan sistem LAN (Local Area Network) dapat saling berbagi sumber daya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi maupun penyimpanan datanya.

Sejalan dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) pada laboratorium tersebut, pasti sudah kita temukan prangkat yang disebut Switch dan Hub.

2. Tinjauan Pustaka

Dasar-dasar Jaringan

Mendengar kata jaringan komputer atau computer networking, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah suatu hal yang rumit.

Hal ini mungkin disebabkan karena penyampaiannya menggunakan bahasa teknik tingkat tinggi yang susah dimengerti oleh orang lain. Untuk itu, penulis akan mencoba jelaskan mengenai dasar-dasar jaringan komputer dengan menggunakan perumpamaan atau gambar yang lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh siapapun yang membacanya.

2.1. Pengertian Jaringan

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan, serta dapat saling berbagi sumber daya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi maupun penyimpanan datanya. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

2.2. Jenis Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :

a.Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN (Local Area Network) adalah “Jaringan yang terdapat di sebuah tempat tertentu saja.” Misalnya Gedung Kantor atau kampus. Sistem Jaringan ini dibuat untuk menghemat biaya dan saling berbagi sumber daya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

b. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang menggunakan teknologi yang sama seperti Jaringan LAN. Komputer yang di hubungkan tidak hanya satu gedung saja tetapi ada diseluruh kota. Sistem jaringan ini digunakan untuk berbagi sumber daya antar instansi pemerintah, Bank, atau cabang-cabang dari sebuah perusahaan.

c. Jaringan WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang bisa mencakup daerah geografis yang sangat luas, bahkan mencakup sebuah Negara bahkan Benua. Jaringan ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan

Internasional yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

d.Internet

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Internet sebenarnya juga merupakan sebuah jaringan komputer, bahkan Internet mencakup seluruh belahan Dunia. Maka Internet dapat juga disebut “Sebuah Jaringan Yang Paling Luas Areanya” atau “Gabungan dari LAN, MAN, dan WAN yang berada di seluruh dunia.

e.Jaringan WLAN (Wireless Local Area Network)

Jaringan Wireless Local Area Network (Wireless LAN atau WLAN) adalah jaringan komputer yang menggunakan frekuensi radio dan infrared sebagai media transmisi data. Wireless LAN sering di sebut sebagai jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel (wireless).

aya listrik untuk membagi perangkat lainnya pada pin 7 dan 8.

Read more on attachment file...
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]