Admin
KENDALIAN LAMPU LALU LINTAS INTERFACE PPI 8255
by Admin Utama - Friday, 4 May 2012, 09:24 AM
 

Edisi Juni 2010

KENDALIAN LAMPU LALU LINTAS INTERFACE PPI 8255

Fadlin,

1.1 ABSTRAK

Dalam simulasi pengaturan trafic light ini, dapat menggambarkan bahwa sebuah simpangan jalan(4 ataulebih simpangan jalan) yang terpasang trfic light dapat bermanfaat bagi operator (kepolisian) khususnya untuk mengatur sebuah simpangan yang terpasang pada setiap simpangan jalan. Simulasi trafic light ini terdiri dari sebuah IC PPI 8255 sebagai pengendali. Cara kerjanya dengan mengendalikan lampu lampu traficdengan menggunakan IC PPI 8255 oleh sebuah komputer sebagai setup programya, sehingga melalui komputer, IC PPI 8255 dapat dikendalikan dan dapat diatur sesuai dengan perintah yang kita lakukan melalui sebuah komputer. Dengan menggunakan komputerisasi ini simulasi dapat dikembangkan teru menerus sampai mengendalikan trafic dalam satu kota dengan menggunkan komputer server, yang di fungsikan di kepolisian khususnya DITLANTAS sebagai pengatur lalu lintas.

Kata kunci : simulasi, trafic light, interface komputer dan ICPPI 8255


1. Pendahuluan

Banyak hal yang mungkin saat ini untuk menyelesaikan permasalahan manusia membutuhkan biaya, waktu, tenaga yang cukup besar untuk penyelesaiannya. Dengan adanya kemajuan teknologi komputer, permasalahan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Misalnya kemacetan lalulintas yang disebabkan oleh banyaknya kendaraaan bermotor sekarang ini.

Elektronika yang telah berkembang pesat saat ini telah dapat ditumbuh kembangkan bagai jamur yang terus menerus berkembang tanpa ada hentinya. Perbaikan dan pengembangan alat Elektronika sebagai alat bantu pekerjaan manusia terus dilakukan.

Salah satu diantaranya adalah Komputer, dan bukan hal yang tabu ditelinga kita jika sebuah alat elektronika telah dapat menyatukan seseorang yang berjauhan tempatnya berbincang-bincang dan bertatap muka bagaikan secara langsung, membantu seorang satpam mengawasi daerah kerjanya, dan juga membantu Masyarakat dengan menggunakan traffic light telah dibuktikan oleh komputer.

Kemacetan lalulintas yang terjadi sekarang ini dapat diatasi dengan adanya rambu-rambu lalu lintas salah satunya adalah lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan sarana untuk memudahkan pengaturan para pengendara kendaraan untuk mendapatkan antrian berjalan sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Lampu lalu lintas ditujukan agar kendaraan dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan lampu indicator yang memberikan tanda kapan harus hati-hati, dan kapan harus berjalan sehingga tidak terjadi kemacetan lalulintas.

Pengaturan nyala lampu ditentukan berdasarkan kendaraan yang lewat pada salah satu persimpangan jalan tersebut. Biasanya lampu lalu lintas dipasang di jalan lurus, pertigaan jalan, dan perempatan jalan.

Selama ini pengaturan nyala lampu lalu lintas dibuat tetap dan tidak bisa diubah sewaktu waktu. Dalam tulisan ini nyala lampu lalu lintas dapat divariasi waktu nyalanya sesuai dengan kondisi jumlah kendaraan yang lewat dari suatu tempat pada ruang komputer kontrol. Komputer kontrol ini digunakan untuk mengatur nyala lampu lalu lintas sehingga dapat divariasi tergantung dengan jumlah kendaraan yang lewat.


Read More on Attachment File

.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]