Admin
PENCATATAN PEMAKAIAN DAYA LISTRIK(KWH) DENGAN KOMPUTER
by Admin Utama - Friday, 4 May 2012, 09:28 AM
 

Edisi Juni 2010

PENCATATAN PEMAKAIAN DAYA LISTRIK(KWH) DENGAN KOMPUTER

Dicky Apdillah,

Staff Pengajar AMIK INTeL COM GLOBAL INDO


ABSTRAK

Proses pencatatan daya listrik yang terpakai yang ditunjukkan dalam kwh meter yang dilaksanakan oleh petugas, tidak luput dari kesalahan sewaktu melakukan pencatatan tampilan angka dalam KWH meter.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan sebuah alat yang mampu mengukur dan menampilkan besar daya listrik yang terpakai pada suatu instalasi listrik dilayar computer,sehingga kesalahan dalam pencatatan dan penbacaan daya listrik yang terpakai mempunyai tingkat akuktasi yang rendah.

Penggunaan program pascal untuk mencatat pemakaian daya listrik akan menunjukkan bahwa computer dapat digunakan untuk mengolah data dengan hasil berupa tampilan layer.

Perancangan system pencatatan pemakaian daya listrik yang diukur KWH meter melalui computer ini merupakan suatu alat yang sangat sederhana dengan manfaat yang sangat luas.Alat ini terdiri dari beberapa komponen pendukung yaitu listing program yang cukup mendukung jalannya perancangan ini.

Kata kunci : Pencatatan Pemakaian Daya listrik,Melalui Komputer.


1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini telah mencapai tingkat yang tinggi terutama dibidang elektro teknik. Pengoperasian perangkat elektronika (hardware) sudah dikontrol melalui program computer (software) seperti pencatatan pemakaian daya listrik yang diukur KWH meter.

Pencatatan pemakaian daya listrik saat ini masih banyak dilakukan secara manual, dimana petugas melakukan pencatatan pemakaian daya listrik berdasarkan angka yang ditujukan dalam KWH meter dan melaporkan kekantor PLN. Pencatatan yang dilakukan secara manual ini tidak luput dari kesalahan petugas yang melakukan pencatatan dan pembacaan tampilan angka dalam KWH meter,sehingga data yang dicatat mempunyai tingkat kesalahan yang lumayan tingggi.

Turbo pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk merancang berbagai macam program (software) tetapi umumnya hasil yang ditampilkan masih sebatas simulasi dilayar monitor.

Penggunaan program pascal untuk mencatat pemakaian daya listrik akan menunjukkan bahwa computer dapat digunakan untuk mengolah data dengan hasil berupa tampilan layar.


Read More on Attachment File..

.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]