Admin
RUNNING TEXT DENGAN MIKROKONTROLLER AT89S51
by Admin Utama - Friday, 4 May 2012, 09:38 AM
 

Edisi Juni 2010

RUNNING TEXT DENGAN MIKROKONTROLLER AT89S51

Dicky Apdilah, Lukman Hakim

Staf Pengajar Amik INTeL COM GLOBAL INDO

dicky@nusa.net.id

Abstrak

Microcontroller sebagai pengendali dari tampilan yang berupa teks, baik dalam penulisan,gerak tulisan maupun animasi dari tampilan teks pada papan disain. Microcontroler yang saat ini merupakan kendali sederhana dengan tingkat kerumitan tidak terlalu sulit sehingga banyak di gunakan khususnya akademisi pd labolatorium simulasi maupun implementasi sederhana, hal itu dikarenakan kombinasi elektronika dengan program sederhana yang tertanam didalam IC AT89S51.

Kata kunci : Microcontroller, Runinng Teks, Display


  1. Latar Belakang

Kemajuan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan semakin meningkatnya kebutuhan manusia, salah satunya adalah kebutuhan manusia akan informasi.

Perkembangan teknologi disegala bidang khususnya elektronika digital memungkinkan suatu rancangan bentuk fisik yang lebih sederhana, efisien, ekonomis dan kinerja yang semakin baik pula.

Oleh sebab itu hal ini berpengaruh dengan situasi, kondisi dan cara hidup manusia sehari-hari dimana manusia lebih membutuhkan sesuatu yang lebih cepat, tepat dan akurat dalam memperoleh informasi.

Mikrokontroler sebagai teknologi baru yaitu teknologi semikonduktor kehadiranya sangat membantu perkembangan dunia elektronika.

Dengan arsitektur yang praktis tetapi memuat banyak kandungan transistor yang terintegrasi, sehingga mendukung dibuatnya rangkaian elektronika yang lebih portable.

Untuk produk ini sendiri merupakan rangkaian aplikasi penggabungan antara elektronika yaitu sensor-sensor optic, motor stepper dan mikrokontroler, dimana kesemuaannya dapat dioperasikan secara otomatis melalui input data – data program yang telah dimasukkan kedalam mikrokontroler.

Microkontroler adalah sebuah IC yang didalamnya terdapat sebuah prosesor dan sebuah memori. Prosesor ini berfungsi untuk mengolah data, dan memori berfungsi untuk menyimpan data.

Dan yang telah disimpan ke memori dapat dihapus dan ditulis lagi dengan data yang baru dengan menggunakan downloader sebagai interfacenya dan sebuah softwere tertentu sebagai editornya (tempat penulisan program).


Readmore on Attachment File...

.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]