Admin
SISTEM AKUNTANSI PENAGIHAN PIUTANG PELANGGAN PADA PDAM TIRTA SILAUPIASA
by Admin Utama - Friday, 4 May 2012, 09:46 AM
 

Edisi Juni 2010

SISTEM AKUNTANSI PENAGIHAN PIUTANG PELANGGAN

PADA PDAM TIRTA SILAUPIASA

Toni Rio Antono,

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO Kisaran

ABSTRAK

Sistem pendataan piutang pelanggan ini merupakan suatu hal yang sangat penting, dimana didalam perusahaan selalu mengatur mengenai permasalahan pendataan piutang, yang meliputi perhitungan komponen-komponen piutang seperti pembayaran rekening air. Dan salah satu fungsi sistem pendataan piutang adalah agar mengetahui siapa yang membayar air, siapa yang terkena denda dan membuat data piutang suatu instansi atau perusahaan. Sistem ini direncanakan untuk memastikan pengeluarannya dan memilliki pertanggungjawaban dan dapat ditelusuri oleh pelaksananya.

Penelitian ini dilakukan di PDAM TIRTA SILAUPIASA KAB. ASAHAN yang bergerak di bidang air bersih. Sistem penagihan piutang pada perusahaan ini masih dikatakan manual, sebab dalam perusahaan ini memang sudah menggunakan komputer tetapi software yang ada didalamnya masih terbatas, dan pencatatannya pun masih dalam Microsft Excel. Dan pengolahan datanya memang tidak terfokus pada mesin hitung, tetapi penggunaan komputernya masih memiliki keterbatasan seperti yang diuraikan diatas. Dalam hal ini, maka penulis mencoba membuat dan menjalankan sebuah aplikasi dengan menggunakan MYOB Accounting Versi 13 yang penulis anggap lebih efisien dibanding penggunaan program yang sudah ada sebelumnya untuk mempercepat penyelesaian laporan piutang pelanggan.

Kata kunci : Akuntansi, Penagihan, Piutang, Pelanggan.


1. Latar Belakang

Pada umumnya, organisasi perusahaan maupun instansi pemerintah atau swasta yang maju dan berkembang adalah jika organisasi perusahaan maupun instansi itu bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Semakin banyaknya perusahaan yang didirikan maka persaingan dunia usaha akan semakin ketat.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta SilauPiasa Kabupaten Asahan merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Asahan yang bergerak dibidang jasa. Perusahaan ini menyediakan layanan kepada masyarakat berupa penyediaan air bersih.

Piutang pelanggan yang sudah jatuh tempo tidak dapat tertagih karena sesuatu hal maka akan menyebabkan resiko kerugian bagi pihak yang bersangkutan. Untuk menghindari hal-hal tersebut diatas maka manajemen perlu mengadakan revisi secara menyeluruh tentang penagihan terhadap pelanggan. Pencatatan piutang pelanggan pada PDAM Tirta SilauPiasa masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan microsoft excel. Dalam hal ini penulis melihat bahwa inilah kesulitan yang dihadapi oleh PDAM Tirta SilauPiasa Kabupaten Asahan , yaitu menghitung piutang pelanggan pembayaran air, karena PDAM Tirta SilauPiasa kegiatan utamanya adalah menghitung piutang pelanggan pembayaran air kepada setiap pelanggan, maka penulis mencoba untuk menerapkan sistem pencatatan piutang pelanggan dengan menggunakan program MYOB Accounting Plus Versi 13, karena jika PDAM menggunakan program ini dalam pencatatan piutangnya, maka PDAM akan semakin mudah melakukan pencatatan piutangnya dengan waktu yang lebih cepat dan tepat. Sehingga tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil dari proses data.


Readmore on Attachment File...
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]