Admin
SISTEM PENGELOLAAN CONTENT WEBSITE NEWS ON LINE
by Admin Utama - Friday, 4 May 2012, 09:55 AM
 

Edisi Juni 2010

SISTEM PENGELOLAAN CONTENT WEBSITE NEWS ON LINE

Abdullah Muhazir

Staf Pengajar Institut Teknologi Medan

Abstrak

Sistem pengelolaan konten website dan upload / download berita secara online pada website adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk membantu redaksi dalam mengelola informasi menjadi keluaran yang lebih bernilai dan memberikan kemudahan bagi para reporter untuk menyampaikan berita hasil liputan ke redaksi secara online yang sebelumnya dilakukan melalui faksimili. Sistem ini menghasilkan satu rancangan bagi pengguna jasa layanan yaitu dalam bentuk media elektronik (website berita). Dengan media elektronik yang mempunyai akses sangat luas, maka pengguna nantinya dapat bersaing tidak hanya di tingkat daerah tetapi di tingkat nasional bahkan internasional. Akses yang luas memberikan kesempatan kepada kita untuk menarik para konsumen yang lebih banyak serta dengan media elektronik ini, selain itu juga dapat berinteraksi dengan konsumen atau masyarakat secara cepat dan praktis.

Kata Kunci : website, berita, Php My admin, My SQL

1. Pendahuluan

Surat kabar sebagai salah satu media atau sarana penyedia informasi, haruslah dapat memberikan informasi yang berguna dan berkualitas kepada masyarakat atau pengguna informasi. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ini harus memperhatikan kualitas berita atau informasi yang mereka sajikan untuk masyarakat sebagai pengguna informasi.

Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa informasi yang berguna dan berkualitas mempunyai tiga kriteria yaitu;

1. Informasi harus akurat dan jelas

Yaitu informasi yang tidak mengandung keragu-raguan, sama maksudnya yang disampaikan dengan yang diterima, bebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan, harus menjelaskan dan mencerminkan maksudnya atau dengan kata lain tidak menimbulkan pertanyaan bagi penerima informasi tersebut.

2. Up to Date (Tepat waktu)

Informasi tersebut datang kepada si penerima informasi tidak terlambat karena informasi yang tidak tepat waktu sudah tidak mempunyai nilai.

3. Informasi harus relevan

Informasi itu diterima bagi orang yang membutuhkan atau bermanfaat bagi yang menerimanya.

Dengan menjaga kualitas informasi, maka dengan sendirinya perusahaan tersebut telah meningkatkan kualitas dan nilai jual dari produknya.

Media Berita sebagai salah satu media informasi tentu juga harus memperhatikan hal-hal seperti yang telah dijelaskan di atas. Itu adalah salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan konsumen atau pasar karena para konsumen atau pengguna informasi akan mencari informasi yang berkualitas dan berguna bagi dirinya.

Saat ini news library hanya mempunyai satu produk berupa surat kabar yaitu “bulletin”. Pemrosesan berita dan informasi masih dilakukan dengan cara lama. Bulletin belum memanfaatkan teknologi internet dalam hal ini web sebagaimana yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan sejenis. Dengan kekurangan ini, perpustakaan tidak dapat menghasilkan berita yang berkualitas seperti jika memanfaatkan teknologi internet.


Readmore on Attachment File..

.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]