Admin
PENAMPIL BERAT DAN HARGA SUATU OBJECT MENGGUNAKAN TIMBANGAN DIGITAL BERBASIS PC (Prosesor Vol 1 Edisi 2 Desember 2010)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 04:37 PM
 
Prosesor Vol 1 Edisi 2 Desember 2010

Dicky Apdilah, Heni Wulandari,

dicky@nusa.net.id

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

Abstrak

Adakalanya komputer berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan suatu peralatan listrik \ elektronik seperti motor AC, motor DC, bola lampu, juga timbangan digital dan lain-lain, maka hanya membutuhkan satu bit saja. Dalam hal ini di butuhkan suatu relay mencatu tegangan. IC PPI (Peripheral Programmable Interface) merupakan cip antar muka yang sudah tergolong tua namun banyak digunakan untuk membuat antarmuka sederhana yang tidak memerlukan kecepatan dan lebar data yang kecil (hanya 1 byte). chip ini memiliki Port Output atau input sebanyak 3 byte (Port A, Port B dan Port C).Masing – masing port dapat deprogram menjadi output atau input. komputer dapat mengendalikan alat elektronik yang terhubung dengan arus AC. Cara kerja alat ini hanya menampilkan suatu berat benda yang ditimbang dengan memanfaatkan Transduser Strain Gage.

Kata Kunci : Tranduser, Ic PPI, Pengukur Berat


1. PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi komputer dan elektronika sekarang ini sangatlah pesat seiring dengan zaman yang terus berubah. Kita dapat merasakan bagimana sentuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mampu memberi lebih banyak jalan yang lebih baik, cepat dan tepat serta efisien dari masalah-masalah yang sebelumnya dianggap rumit dan berat untuk diatasi.

Pada saat ini manusia sudah mampu memanfaatkan komputer untuk mengontrol suatu peralatan listrik/elektornik agar dapat bekerja sebagaimana yang kita inginkan. Hal yang pertama harus diperhatikan yaitu pembacaan data yang dihasilkan oleh suatu peralatan tersebut. Jika datanya sangat kecil maka perlu di upayakan penguatan. Jika dayanya terlalu besar maka perlu dikecilkan dengan memperhitungkan faktor pengecilan. Jika besarannya bukan besaran listrik maka perlu adanya transducer untuk mengubahnya ke besaran listrik. Jika jenis datanya analog maka terlebih dahulu harus diubah kedalam data digital.

Kemudian ditentukan kebijaksanaan terhadap data tersebut. Sedangkan kasus kedua pengontrolan terhadap suatu peralatan listrik\elektronik perlu di perhatikan banyaknya bit yang dibutuhkan untuk mengontrol peralatan tersebut. Adakalanya komputer berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan suatu peralatan listrik \ elektronik seperti motor AC, motor DC, bola lampu, juga timbangan digital dan lain-lain, maka hanya membutuhkan satu bit saja. Dalam hal ini di butuhkan suatu relay mencatu tegangan.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]