Admin
DATA NILAI MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI SMS (Prosesor Vol 1 Edisi 2 Desember 2010)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 05:07 PM
 
Prosesor Vol 1 Edisi 2 Desember 2010

Agus Junaidi, Heni Wulandari,

Staf Pengajar Tek.Elektro Unimed

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

Abstrak

Adanya fasilitas SMS pada HP merupakan salah satu solusi penting yang menyangkut kebutuhan akan informasi dan komunikasi. Dengan bermodalkan ratusan rupiah saja kita sudah bisa ”berbicara” dengan orang lain, bahkan beberapa operator Telekomunikasi memberlakukan bonus SMS (gratis=0 Rupiah) setelah mengirim sebuah SMS. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Short Message Service (SMS) adalah protokol layanan pertukaran pesan text singkat (sebanyak 160 karakter per pesan) antar telepon. SMS ini pada awalnya adalah bagian dari standar teknologi seluler GSM, yang kemudian juga tersedia di teknologi CDMA, telepon rumah PSTN, dan lainnya. Database untuk mendukung aplikasi Sistem Informasi Data Nilai Mahasiswa Menggunakan Aplikasi SMS Handphone dengan Pemrogram Java.

Kata Kunci : Sms, Nilai Mahasiswa, Handphone


1. Pendahuluan

 Pesatnya perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi dewasa ini membuat bumi ini terasa kecil karena media/sarana komunikasi dan informasi yang ada telah mampu ”memperdekat” antara satu orang dengan yang lainnya meskipun dipisahkan oleh jarak ribuan kilometer. Kita dapat melihat dan mendengar apa yang terjadi di belahan bumi lain tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita ketika sedang menonton televisi. Begitu juga ketika seseorang sedang melakukan panggilan telepon dengan orang lain dengan menggunakan telepon rumah maupun telepon genggam/seluler/ponsel/handphone yang lazim dikenal dengan sebutan/singkatan HP, maka jarak akan terasa ”dekat” seperti pepatah mengatakan ”Biar Jauh di Mata Tetapi Dekat di Hati”.

 Adanya fasilitas SMS pada HP merupakan salah satu solusi penting yang menyangkut kebutuhan akan informasi dan komunikasi. Dengan bermodalkan ratusan rupiah saja kita sudah bisa ”berbicara” dengan orang lain, bahkan beberapa operator Telekomunikasi memberlakukan bonus SMS (gratis=0 Rupiah) setelah mengirim sebuah SMS.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]