Admin
PERANCANGAN MEDIA ELEKTRONIK (ONLINE) UNTUK PENJUALAN PRODUK BATIK (Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 06:39 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011

Ilka Zufria

Dosen AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

ilka.zfr@amik-intelcom.ac.id

Abstrak

Perkembangan teknologi khususnya komputer pada saat ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan di masyarakat. Teknologi yang berkembang sesuai tuntutan zaman diharapkan menjadi sarana penunjang untuk menangani permasalahan yang timbul dalam mengelola dan menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan atau organisasi khususnya pada Rumah Batik. Begitu juga dengan bisnis penjualan atau pemesanan, diharapkan dapat menyediakan informasi yang tepat dan akurat dalam transaksi secara online. Sistem yang sedang berjalan pada Rumah Batik ini masih menggunakan sistem manual yaitu pemesan tidak bisa melihat secara fisik barang yang akan dipesan karena masih menggunakan fasilitas telepon, pemesan harus datang langsung ke Rumah Batik, dan juga perusahaan belum mempunyai situs website sebagai media penjualan produk batik, media promosi yang menyediakan informasi yang lengkap yang dibutuhkan oleh pembeli. Dengan adanya Media Penjualan Online ini diharapkan dapat menyediakan informasi yang lebih cepat dan akurat pada semua masyarakat yang juga dapat membantu dalam mempromosikan produk yang tersedia yang meliputi banyak informasi seperti produk yang ditawarkan, data pemesan dan data produk.


Kata Kunci : Website, Media Penjualan Online, Produk Batik, Rumah Batik, serta Objektif.


  1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun Entertainment namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online. Hal ini sangat menguntungkan karena bisnis melalui online bisa menjangkau seluruh wilayah di berbagai dunia.

Banyak orang yang sudah melirik internet untuk melancarkan bisnisnya. Bisnis internet merupakan suatu bisnis yang dalam prosesnya baik dalam pemesanan maupun pengantaran barangnya seluruhnya menggunakan media internet. Bisnis ini merupakan suatu model bisnis yang baru tetapi memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan dibandingkan bisnis konvensional. Bisnis online yang sederhana seperti menampilkan produk dan melakukan order dengan telpon juga masih banyak dilakukan walaupun saat ini lebih banyak menggunakan kartu kredit. Melihat definisi media penjualan Online maka sebenarnya merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah dan lain-lain.

Penggunaan website merupakan salah satu media yang digunakan dalam menciptakan media penjualan Online sehingga dapat memenuhi kebutuhan bagi sebuah usaha atau perusahaan agar dapat bersaing secara global. Media Penjualan Online ini akan diterapkan pada Rumah Batik untuk memasarkan produk batik mereka

Dengan adanya website sebagai salah satu media penjualan dan promosi secara online ini, maka akan bertujuan untuk memperluas daerah pemasaran produk dan memudahkan pembeli untuk memilih dan memesan produk sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]