Admin
KOMPUTERISASI AKUNTANSI PENGELUARAN KAS APLIKASI CV. PRATAMA – KISARAN (Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:00 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011

Siti Rahmayuni,

Dosen Komputer Akuntansi AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

Banyak perusahaan menggunakan sistem pencatatan pengeluaran kas baik itu secara manual maupun secara sistem komputerisasi. Namun dari kedua pencatatan diatas ada baiknya menggunakan sistem komputerisasi agar kas keluar dapat diteliti dan akurat untuk diketahui. Mengamati bahwa dalam pembuatan laporan pengeluaran kas pada perusahaan CV.PRATAMA KISARAN masih menggunakan sistem Semimanual yaitu menggunakan Microsoft Excel. Sehingga pencatatan laporan pengeluran kas tersebut mengalami kesulitan dalam memproses dan pemasukan data laporan pengeluran kas dan perincian data arus pada perusahaan tidak efektif dan efisien. Arus kas Masuk atau cash in flow adalah arus kas yang dipergunakan keperusahaan dari kegiatan-kegiatan operasi,investasi dan pembiayaan arus kas masuk ini ada yang bersifat tidak terus menerus. Arus kas Keluar atau cash atau flow adalah arus kas yang dipergunakan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan operasi, investasi dan pembiayaan. Arus kas ini yang bersifat terus menerus dan ada pula yang bersifat tidak terus menerus atau dikatakan intermitten. Pada umumnya sektor pengeluaran kas adalah untuk biaya–biaya utama (operatif) dan bukan biaya–biaya bukan utama (non operatif

Kata kunci : Akuntansi, pengeluaran, MYOB


1. Latar Belakang

 Seiring dengan perkembangan teknologi dan pesatnya perputaran uang dalam masyarakat pada umumnya dan pada dunia khususnya pada saat ini, maka informasi mengenai laporan keuangan menjadi sangat penting dan mutlak. Oleh karena itu, laporan keuangan harus dibuat secara teratur, jujur dan teliti, sehingga menjadi bahan acuan dalam pengambilan keputusan. Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah tidak lain pencapaian laba yang optimal dan kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada kondisi keuangan perusahaan dan pelaksanaan operasi perusahaan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

 Dalam menjalankan aktivitasnya tersebut, perusahaan membuat laporan keuangan yang salah satunya adalah laporan pengeluaran kas. Untuk mendukung tujuan tersebut diperlukan sistem komputerisasi pengeluaran kas pada perusahaan sebagai bagian dari laporan keuangan. Adapun sistem komputerisasi pengeluaran kas merupakan suatu indikator jumlah pengeluaran kas dimasa yang akan datang serta berguna untuk menilai kecermatan atas taksiran pengeluaran kas yang telah dibuat.

Banyak perusahaan menggunakan sistem pencatatan pengeluaran kas baik itu secara manual maupun secara sistem komputerisasi. Namun dari kedua pencatatan diatas ada baiknya menggunakan sistem komputerisasi agar kas keluar dapat diteliti dan akurat untuk diketahui.

Mengamati bahwa dalam pembuatan laporan pengeluaran kas pada perusahaan CV.PRATAMA KISARAN masih menggunakan sistem Semimanual yaitu menggunakan Microsoft Excel. Sehingga pencatatan laporan pengeluran kas tersebut mengalami kesulitan dalam memproses dan pemasukan data laporan pengeluran kas dan perincian data arus pada perusahaan tidak efektif dan efisien.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]