Admin
SENSOR GAS TGS 2610 UNTUK DETEKSI KEBOCORAN GAS (Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:05 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 3 Juni 2011

Dicky Apdilah

dicky@nusa.net.id

Abstrak

Bila terjadi kebocoran gas maka sensor akan beraksi dan akan mengaktifkan alarm sebagai tanda telah terjadi kebocoran. Sensor TGS2610 selalu ditandai dengan nomor ID yang menandakan klasifikasi pabrik yang digolongkan sesuai dengan batasan-batasan tahanan sensor. Pada saat ID sensor digunakan, proses kalibrasi bisa menjadi sangat mudah. Mempersingkat kondisi waktu yang lama dan kesulitan dalam menangani kalibrasi gas. TGS 2610 memiliki sensitifitas yang tinggi untuk mendeteksi propana dan butana, sehingga sensor ini ideal untuk digunakan oleh banyak orang untuk memasang gas alarm.

Kata kunci : Kebocoran gas, sensorTGS 2610, LPG Dan Butana

1. Latar Belakang

 Sensor tipe TGS 2610 sudah lama digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas. Sensor ini sensitif terhadap beberapa jenis gas, antara lain LPG dan butana. Salah satu ciri khas terjadinya kebocoran gas adalah ditandai adanya bau gas. Gas yang bocor dapat dengan mudah menyulut terjadinya kebakaran yang berakibat fatal. Untuk menghindari terjadinya hal ini maka kita dapat membuat rangkaian pendeteksi kebocoran gas menggunakan sensor TGS 2610. Bila terjadi kebocoran gas maka sensor akan beraksi dan akan mengaktifkan alarm sebagai tanda telah terjadi kebocoran. 

 Sensor TGS2610 selalu ditandai dengan nomor ID yang menandakan klasifikasi pabrik yang digolongkan sesuai dengan batasan-batasan tahanan sensor. Pada saat ID sensor digunakan, proses kalibrasi bisa menjadi sangat mudah. Mempersingkat kondisi waktu yang lama dan kesulitan dalam menangani kalibrasi gas.

Campuran gas terbakar tidak akan terbakar hingga mencapai suhu memanas. Tetapi, dalam media bahan kimia tertentu, gas tidak akan mulai membakar atau menyala pada suhu lebih rendah. Peristiwa ini dikenal dengan katalitis pembakaran. Kebanyakan, oxida metal dan campurannya memiliki bagian katalitik ini sebagai contoh, batu vulkanik, yang terdiri atas berbagai oksida metal, sering ditempatkan dalam perapian pembakaran gas. Bukan hanya untuk hiasan tapi juga untuk membantu proses pembakaran dan hasilnya lebih bersih dan lebih efisien membakar dalam perapian. Molekul gas mengoksidasi pada permukaan yang mengkatalisasi sensor pada suhu yang jauh lebih rendah daripada suhu penyala normalnya. Setiap bahan konduktif listrik berubah konduktifitasnya berdasarkan perubahan suhu.

Keseluruhan teknologi pembuatan sebuah sensor untuk menjual lebih dari satu seni dibanding peristiwa ilmiah yang diperkirakan. Hal ini dipilih, dipersiapkan dan diproses seluruhnya yang dibutuhkan bahan kimia untuk membuat sensor akhir. Ada banyak variable dalam proses yang menghambat pembuatan dari perkiraan produksi akhir. Lagipula, kebanyakan pengguna sensor katalitis memilih sensor mereka berdasarkan reputasi pabriknya.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]