Admin
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:18 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011

Syamsuddin,

Dosen AMIK INTeL Com Global Indo, Kisaran

Abstrak

 Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan komunikasi interpersonal. Metode penulisan menggunakan metode library research. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan kepemilikan kecerdasan emosional kita akan mampu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Sehinga kita akan lebih dapat meminimalisir resiko terjadi konflik. Apa yang kita katakan akan lebih sedikit menyinggung orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan emosional juga akan menjadi lebih adaptif terhadap berbagai situasi sehingga ia akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan berbagai keadaaan sulit, perbedaan budaya, ideologi.

Kata kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan komunikasi


1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

 Kecerdasan senantiasa dikonotasikan dengan kecerdasan intelektual atau yang lazim dikenal sebagai IQ saja (Intelligence Quotient). Namun saat ini, anggapan bahwa kecerdasan manusia hanya tertumpu pada dimensi intelektual saja sudah tidak berlaku lagi. Selain IQ, manusia juga masih memiliki dimensi kecerdasan lainnya, diantaranya yaitu: Kecerdasan Emosional atau EQ (Emotional Quotient) dan Kecerdasan Spiritual atau SQ (Spiritual Quotient).Menurut hasil penelitian, setidaknya 75% kesuksesan manusia lebih ditentukan oleh kecerdasan emosionalnya (EQ) dan hanya 4% - 20% yang ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya (IQ).

 Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih., yang tentunya melibatkan perasaan, emosi, latar belakang budaya, nilai, agama yang dianut. Kecerdasan emosional dan spiritual diharapkan dapat mendukung seseorang untuk melakukan hal yang tepat dalam berkomunikasi sesuai keadaan emosional dan spiritual orang yang bersangkutan dan lawan bicaranya, sehingga orang tersebut dapat berkomunikasi interpersonal secara efektif. Maka dari itu dalam makalah ini akan dibahas hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan komunikasi interpersonal.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]