Admin
IMPLEMENTASI WIRELESS 4 NODE DENGAN MENGGUNAKAN PROTOCOL Ad HOC On – demand Distance Vector (AODV) (Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:22 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011

Agus Junaidi, Abdul Kadir

Staf Pengajar Unimed

Staf Pengajar AMIK INTeL COM GLOBAL INDO

ABSTRAK

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang, diperlukan suatu jenis atau tipe jaringan khusus yang mampu melibatkan banyak orang atau peralatan komunikasi tanpa ketergantungan terhadap suatu infrastruktur. Sebagai contoh perusahaan yang bekerja pada area sistem komunikasi antar kendaraan yang berguna untuk menambah keamanan dalam berkendara. Sistem ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah trafik kendaraan dijalan,dan user juga bisa melihat email dan mendownload data. Disini jaringan yang akan digunakan adalah VANet( Vehicular Ad-hoc Network ) sedangkan untuk metode routing yang digunakan adalah metode AODV( Ad-hoc On demand Distance Vector ). VANet adalah sebuah jaringan wireless yang menggunakan system berbasis ad hoc network.Untuk merouting datanya digunakan metode AODV(Ad-hoc On demand Distance Vector). Metode AODV yaitu routing data yang berdasarkan jaraknya. Pada simulasi ini akan disimulasikan bagaimana cara kerja dari metode AODV terhadap mobile node pada trafik kendaraan. Mobile node disini diumpamakan sebagai kendaraan,dan disetiap area akan dibangun access point untuk mencakup satu network dalam range acces point tersebut. Dari hasil simulasi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa performansi routing AODV pada jaringan vanet lebih baik dari pada performansi routing DSDV dan DSR karena dari data yang diperoleh routing AODV memiliki PDF dan throughput yang lebih besar, serta delay yang lebih kecil. Dalam simulasi ini juga dibandingkan kepadatan sebuah node dalam jaringan vanet dan performansi dari protokol routing AODV lebih baik dari pada protokol routing DSDV dan DSR.

Kata Kunci : Wireless, Node, AODV1


PENDAHULUAN

AODV adalah sebuah routing protokol yang dibuat untuk jaringan MANET. AODV adalah on demand routing, dimana algoritma ini akan membangun rute antara node hanya apabila diinginkan oleh source node. AODV memelihara rute tersebut sepanjang masih dibutuhkan oleh source node. AODV menggunakan sequence number untuk memastikan bahwa rute yang dihasilkan adalah loop-free dan memliki informasi routing yang paling update. Dalam jaringan ad-hoc routing protokol berperan penting dalam menentukan path antar node dalam network. AODV adalah salah satu routing protokol yang paling sering digunakan untuk penelitian. Disini AODV routing protocol akan di review dan  diimplementasikan.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]