Admin
RANCANG BANGUN KONTEN WEB UNTUK LAYANAN PENDAFTARAN DAN PEMBELAJARAN UNTUK LEMBAGA PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) (Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:25 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011

Ilka Zufria

AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

www.ilkazufria.co.cc

ilka.zfr@amik-intelcom.ac.id

Abstrak

  Konten Web untuk Layanan Pendaftaran Dan Pembelajaran Pada Lembaga PAUD ini adalah sistem yang bertujuan untuk membantu pihak pengelola PAUD khususnya administrasi (ADM) dalam penerimaan murid baru yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja via internet, tanpa harus datang ke tempat langsung. Pihak Administrasi tinggal melakukan validasi daftar terhadap pendaftar. Hal ini secara tidak langsung dapat menghasilkan sistem yang lebih efektif dan efisien. Begitu juga pada program pembelajaran, dimana pihak pendaftar ataupun orangtua/wali murid dapat mengetahui langsung program apa saja yang telah direncanakan dalam pembelajaran mereka dalam periode-periode yang telah ditentukan dan disyahkan. Dengan media elektronik yang mempunyai akses yang sangat luas Pihak Pengelola PAUD nantinya akan dijadikan pelopor dan panutan terhadap yayasan pendidikan lainnya dalam persaingan mendapatkan konsumen yang tidak hanya mencakup daerah yang kecil, karena mampu mencakup daerah yang lebih luas lagi. Dan juga sistem ini bisa dijadikan contoh sistem pendidikan paling dasar yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam penyampaian informasi maupun sistem yang dijalankannya. Hal inilah yang bisa dijadikan suatu penarik kepada masyarakat terhadap PAUD itu sendiri. Karena zaman teknologi sekarang ini, masyarakat berlomba-lomba untuk dapat akses di dalamnya terutama anak-anak sebagai penerus keluarga mereka..

Kata Kunci : Konten Web, Pendaftaran, Pembelajaran, PAUD, Layanan,internet


  1. Pendahuluan

 Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dirasakan dan dipelajari dalam dunia pendidikan sekarang ini menjadi momentum dan pemicu bagi perkembangan sektor-sektor pembangunan, seperti dibidang pendidikan maupun dunia usaha. Adapun salah satu indikasi perkembangan adalah pemanfaatan komputer pada sektor-sektor tersebut

 Website (Konten Web) adalah media yang digunakan untuk menampung data teks, gambar, animasi dan suara, yang berguna sebagai alat komunikasi secara jarak jauh.yang dapat ditampilkan di internet dan dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung dengan internet.

Berdasarkan kenyataan yang terjadi pada Lembaga ataupun Pengelola PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), sistem yang digunakan didalam pendaftaran murid baru masih bersifat tertulis dan umum yang pembuatan laporannya masih memakai microsoft excel sehingga informasi yang dihasilkan masih kurang efektif dan efisien sehinngga Ketua Yayasan sebagai pimpinan kesulitan dalam pengambilan keputusan. Disamping itu hal ini juga ditunjang sosialisasi penggunaan media komunikasi website pada sarana pendidikan yang terkecil sekalipun seperti PAUD dalam menjalankan suatu sarana pendidikan anak yang mengutamakan teknologi dan informasi yang sedang berkembang.
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]