Admin
SISTEM KOMPUTERISASI TERHADAP SISTEM PENJUALAN PADA PT. GANESHA COM (Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011)
by Admin Utama - Sunday, 25 August 2013, 09:33 PM
 
Prosesor Vol 2 Edisi 4 Desember 2011

Makmur Hasibuan,

AMIK INTeL Com Global Indo

Abstrak

Pada dasarnya tujuan perusahaan adalah mencari laba, menghasilkan pengembalian modal yang wajar dan mempertahankan kemajuan perusahaan. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara mengorganisasi dan mengkoordinasi seluruh fungsi – fungsi manajemen yang terdapat dalam perusahaan, mendelegasikan wewenang dan tanggungjawab kepada bawahan. Pendelegasian wewenang dan tanggung jawab pada bawahan merupakan salah satu unsur yang penting dalam pengawasan, karena struktur organisasi harus disusun sedemikan rupa, sehingga pembentukan organisasi yang memungkinkan penempatan setiap pegawai sesuai dengan keahliannya masing – masing. Didukung dengan kemajuan teknologi perkembangan zaman komputerisasi sangat dibutuhkan kehadirannya. Yang dulunya berbasis Under Dos dalam pengolahan data, tetapi karena perkembangan zaman dan perkembangan teknologi maka sekarang sistem komputerisasi tersebut menjadi Under Windows.

Kata Kunci : RPL, Acounting, Penjualan


  1. Pendahuluan

Salah satu kegiatan penting dalam Perusahaan dagang adalah penjualan. Penyimpangan dalam penjualan dapat dihindari sedini mungkin. Maka dengan sebab yang demikian terhadap sistem komputerisasi penjualan diperlukan program-program komputerisasi yang efektif dan efesien dengan hardware dan software yang mendukung. Dengan demikian proses penjualan dapat berjalan dengan baik.

Pada dasarnya tujuan perusahaan adalah mencari laba, menghasilkan pengembalian modal yang wajar dan mempertahankan kemajuan perusahaan. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara mengorganisasi dan mengkoordinasi seluruh fungsi – fungsi manajemen yang terdapat dalam perusahaan, mendelegasikan wewenang dan tanggungjawab kepada bawahan. Pendelegasian wewenang dan tanggung jawab pada bawahan merupakan salah satu unsur yang penting dalam pengawasan, karena struktur organisasi harus disusun sedemikan rupa, sehingga pembentukan organisasi yang memungkinkan penempatan setiap pegawai sesuai dengan keahliannya masing – masing.

Sistem komputerisasi sebenarnya merupakan salah satu sistem yang dapat mempengaruhi kebijaksanaan manajemen dan yang berdampak negatif, kita tidak dapat menghindarinya. Setiap perusahaan baik itu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, industri, agraris, perdagangan maupun dibidang pengangkutan dan informasi membutuhkan peranan telekomunikasi, seperti melalui telepon, televisi, komputer dan lain-lainnya. Akibat dari kemajuan itu maka banyak pihak atau perusahaan atau instansi pemerintah seperti halnya BUMN maupun perusahaan swasta memakai sistem komputerisasi, karena penggunaan barang-barang atau peralatan yang terbatas pada mesin-mesin hitung kalkulator dan lainnya hanyalah sekedar membantu dalam hal perhitungan data. Dan hingga dalam penyelesaiannya pengolahan data secara menyeluruh tidak mungkin terlaksana dalam waktu relatif singkat, yang disebabkan kemampuan manusia. Didukung dengan kemajuan teknologi perkembangan zaman komputerisasi sangat dibutuhkan kehadirannya. Yang dulunya berbasis Under Dos dalam pengolahan data, tetapi karena perkembangan zaman dan perkembangan teknologi maka sekarang sistem komputerisasi tersebut menjadi Under Windows.

Demikian halnya yang terjadi di PT. GANESHA COM. R.PRAPAT, perusahaan ini berusaha memperluas sistem informasi komputernya dengan komputerisasi yang berbasis Windows dalam penerapan jaringan komputer. Karena keserbagunaannya dalam operasional, peranan komputer dalam dunia usaha besar sekali, tetapi tidak jarang pula kita jumpai masalah-masalah yang ditimbulkan komputer akibat oleh kecerobohan operator, kerusakan mesin, sistem yang bervirus hingga efektifitasnya tidak berjalan seperti yang diharapkan.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]