Admin
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASUKAN DAN PENGELUARAN BARANG PADA SMART SWALAYAN PADANGSIDIMPUAN (Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 03:19 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012

Abdulah Muhazir,

Staf Pengajar Teknik Informatika ITM

Abstrak

 Komputerisasi dalam sistem perancangan pemasukan barang dan keluar barang memegang peranan penting dalam perusahaan, dimana sistem ini digunakan untuk mengetahui transaksi keluar masuknya barang, serta untuk memeriksa persediaan yang ada. Di samping itu, dengan adanya sistem persediaan barang diharapkan tidak akan terjadi penumpukan barang yang terlalu lama dalam gudang atau pembelian barang yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Smart swalayan merupakan swalayan yang didirikan pada tanggal 29 agustus 2009 yang berdasarkan keinginan pimpinan perusahaan smart swalayan yang bergerak dalam bidang penjualan makanan ringan. Peranan smart swalayan adalah menciptakan pelayanan yang baik terhadapa masyarakat ataupun konsumen yang datang berkunjung pada perusahaan smart swalayan.

Kata Kunci : Input out put Barang, transaksi, swalayan.

1. PENDAHULUAN

 Seiring dengan perubahan pola dunia usaha sebagai landasan utama dibidang Sumber Daya Manusia (SDM) diperlukan suatu perubahan tata nilai, khususnya yang terkait dengan penyusunan pola dan sistem pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat dilakukan secara terencana dan terarah sesuai strategi pendidikan yang baru, yaitu perubahan dari nilai-nilai budaya yang lama kepada nilai-nilai budaya yang baru .

Dengan perubahan tersebut maka pengelolaan SDM diupayakan secara optimal untuk meningkatkan kualitas SDM, profesionalisme dan produktifitas.

  Penilaian Perusahaan pun sering dilakukan untuk pencapaian peningkatan SDM. Budaya baru dalam penggunaan teknologi komputer semakin diunggulkan, ini tampak dari adanya bukti nyata dalam peningkatan efektifitas perkantoran.

   Komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia kerja. Banyak perusahaan yang sangat tergantung dengan keberadaan komputer. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam distribusi barang. Penggunaan istem komputer dalam dunia usaha sangat membantu sebuah pengolahan data, sehingga proses penyajian laporan dapat dilakukan secara cepat, tepat, efisien waktu, dan meminimalkan lambatnya informasi. Hal ini akan memudahkan pihak manajemen dalam mengambil keputusan.

Komputerisasi dalam sistem perancangan pemasukan barang dan keluar barang memegang peranan penting dalam perusahaan, dimana sistem ini digunakan untuk mengetahui transaksi keluar masuknya barang, serta untuk memeriksa persediaan yang ada. Di samping itu, dengan adanya sistem persediaan barang diharapkan tidak akan terjadi penumpukan barang yang terlalu lama dalam gudang atau pembelian barang yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]