Admin
PEMODELAN BERBASIS UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DENGAN STRATEGI TEKNIK ORIENTASI OBJEK USER CENTERED DESIGN(UCD) DALAM SISTEM ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 03:28 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012

Ilka Zufria

AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

www.ilkazufria.co.cc

ilka.zfr@amik-intelcom.ac.id

Abstrak

Pelaksanaan administrasi pendidikan di sekolah yang masih menggunakan sistem manual atau pemakaian unsur berkas membutuhkan waktu yang relatif lama seiring tidak teraturnya pengadministrasian yang dilaksanakan. Sedangkan kegiatan administrasi pendidikan merupakan suatu kegiatan rutin yang bertujuan untuk memperlancar proses pendidikan di sekolah. Untuk itu diperlukan solusi dalam penyelesaian masalah ini, yakni dengan merancang sebuah pemodelan sistem administrasi pendidikan menggunakan UML(Unified Modeling Language) dengan strategi teknik orientasi User Center Design (UCD), yaitu pemodelan yang berorientasi kepada objek-objek sistem, diantaranya disain-disain tingkat gambaran kerja sistem dengan use case diagaram, pemisahah objek-objek dan hubungannya satu sama lain menggunakan class diagram. Pembagian aktifitas disetiap use case yang dirancang dengan activity diagram, menghubungkan setiap kerja pada use case menggunakan sequence diagram, bagaimana kerja sistem dalam alirannya menggunakan state diagram, serta bentuk gambaran kebutuhan implementasi sistem dan perangkatnya yang nantinya akan diterapakan dengan deployment diagram. Pengujiannya nantinya akan langsung menggunakan prototype sistem yang dibangun dan diintegrasikan dengan data-data yang disediakan sebenarnya, seperti data siswa, guru, mata pelajaran, jadwal, dan nilai.

Kata Kunci : Sistem informasi administrasi pendidikan, UML, Pemodelan, Diagram. User Center Design (UCD)


1. Latar Belakang

Dalam suatu Sekolah, tentu tidak lepas dari Sistem Informasi yang ada pada Sekolah tersebut, salah satunya adalah Sistem Informasi Administrasi Pendidikan.

Sistem Informasi Administrasi Pendidikan pada saat sekarang ini masih bersifat konvensional dimana pengelolahan dan pelayanan administrasi pendidikan masih dilakukan secara manual. Seiring dengan meningkatnya jumlah siswa, maka pelayanan di bidang administrasi akan meningkat pula. Apabila hal tersebut tidak dipersiapkan dan dilakukan dengan sistem yang baik, maka pengelolaan dan mutu pelayanan tidak akan mampu mengikuti perkembangan di tahun-tahun yang akan datang.

Untuk merancang dan menganalisa sebuah perangkat lunak sebelum pembuatan coding diperlukan sebuah metode untuk melakukannya. Unified Modeling Language (UML) saat ini telah menjadi standar dalam pemodelan objek dan digunakan secara luas. Hal ini disebabkan karena UML fokus pada pendefinisian struktur statis dan model sistem informasi yang dinamis, selain itu dalam disain dan analisa menggunakan UML, pengguna (user) ikut serta berpartisipasi dalam merancang sistem tersebut dengan strategi teknik orientasi objek User Centered Design(UCD).

Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun. Karena UML dirancang berdasarkan konsep ber-orientasi objek, maka bahasa pemrograman berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau Visual Basic.net perlu digunakan. Untuk menanggulangi keterbatasan yang ada, perlu dibangun suatu sistem yang dapat membantu pengelolaan dan pelayanan administrasi pendidikan, sehingga kecepatan dan kemudahan Informasi dapat terpenuhi.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]