Admin
SPK KEPEGAWAIAN BERBASIS WEB PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III KEBUN BATANG TORU (Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 03:30 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012

Indah Kusuma Dewi,

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

ABSTRAKSI

Sistim Informasi Pengolahan Kepegawaian merupakan serangkaian sistem yang digunakan untuk menunjang atau mendukung kelancaran kegiatan pengolahan data kepagawaian perusahaan. Tujuan dirancangnya sistem ini yaitu memudahkan para staff yang bertugas menangangi siklus perubahan data karyawan serta seluruh bagian yang membutuhkan dalam memberikan atau bertukar informasi tentang seluruh data karywan yang ada pada perusahaan dengan cepat, mulai dari informasi biodata diri, informasi pekerjaan, pendidikan umum dan tanggungan memberikan informasi laporan karyawan atau bezzeting karyawan perperiode yang dibutuhkan. Program aplikasi ini dirancang dengan menggunakan PHP (Personal Home Page) sebagai bahasa pemrograman yang berfungsi sebagai interface dan MySQL Server sebagai pengolah data-data yang berhubungan dengan sistem atau data-data yang diperlukan dalam sistem ini serta Aplikasi Wamp Ver.1.7.4 sebagai server localhost yang menjalan aplikasi web ini. Tahap pembuatan aplikasi ini meliputi perancangan sistem databases, perancangan interface, pengembangan dan pengujian program, analisa perancangan sistem.

Kata kunci: Sistem Informasi Kepegawaian , PHP, MySQL, Localhost


  1. PENDAHULUAN

Informasi adalah suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan pada saat sekarang ini hingga di zaman seterusnya, informasi diartikan sebagai kumpulan dari data-data dan file yang telah diolah namun dalam pengertian luasnya adalah pesan atau berita yang mampu menyajikan hal-hal yang dibutuhkan dalam keperluan kita sehari - hari yang didasarkan atas fakta dan bahan yang benar adanya untuk menunjang produktivitas dan kinerja kita sebagai seorang pekerja yang selalu membutuhkan informasi dan dalam peningkatan efisiensi dan efektifitas kita dalam menggunakan waktu, karena tuntutan kebutuhan informasi yang cepat dan efisien tersebut waktu menjadi salah satu faktor utama dalam memenej data menjadi informasi yang harus terus diolah secara berkala. Namun informasi-informasi tersebut memiliki cara dan batasan tersendiri dalam penyebarannya, ada yang umum dan ada yang khusus untuk dapat di konsumsi dan digunakan sesuai dengan kaidah jabatan yang ada.

Mengingat semakin maju dan berkembangnya pergerakan informasi pada zaman sekarang ini serta tuntutan globalisasi dan era reformasi ini telah menimbulkan pengaruh yang begitu besar terhadap dunia usaha baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta. Dengan demikian diperlukan suatu sistem yang dapat mengurangi pemakaian waktu dan memberikan informasi dengan cepat. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu perancangan dan pembuatan sistem yang dapat memudahkan dan mengurangi pemakaian waktu.

Salah satu kegiatan tersebut adalah masalah pengolahan data karyawan dan infomasi penunjang lainnya yang sangat penting untuk ditangani dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengelola data tersebut diperlukan suatu sistem yang dapat menyelesaikan serta memenej data karyawan tersebut dan pergerakan informasi tersebut tidak membutuhkan waktu dan media yang percuma.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]