Admin
SISTEM INFORMASI BERBASIS PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 03:38 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 5 Juni 2012

Makmur Hasibuan,

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

Abstrak

Penilaian hasil belajar kepada siswa di dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena dengan adanya penilaian hasil belajar, maka akan terlihat dengan jelas tingkat keberhasilan suatu penyelenggara pendidikan (sekolah) dalam mendidik siswanya. Adanya penilaian hasil belajar, juga akan memberikan gambaran yang jelas tentang prestasi hasil belajar siswa, baik secara individu ataupun menyeluruh. SMA Negeri 1 Rantauprapat merupakan salah satu penyelenggara pendidikan (sekolah) yang banyak diminati siswa/i di kota Rantauprapat. Saat ini pemberian nilai hasil belajar kepada siswa masih dilakukan bersifat manual, yaitu masih menggunakan buku raport sebagai medianya, sehingga pengolahan data nilai siswa membutuhkan waktu yang lama dan informasi yang dihasilkan kurang tepat. Oleh karena itu pemecahan masalah dari kasus tersebut adalah dengan membuat sebuah sistem informasi penilaian hasil belajar siswa berbasis web. Melalui sistem ini, diharapkan dapat memperbaiki kinerja dan mutu sistem yang lama (manual), sehingga pengolahan data nilai siswa/i akan lebih cepat, akurat, dan informasi yang dihasilkan juga lebih cepat didapatkan oleh para siswa/i serta accountability lebih terjamin dan terjaga keamanannya (security). Selain itu, dengan adanya sistem informasi ini, siswa dapat dengan mudah mengakses informasi tentang nilai hasil belajarnya darimana saja dan kapan saja dengan menggunakan fasilitas internet.

Kata Kunci


  1. Latar Belakang

Deskripsi persoalan-persoalan yang muncul dan dihadapi sehingga melahirkan inti masalah baru yang harus diselesaikan. Latarbelakang juga memuat uraian makna penting alasan penelitian harus dilaksanakan.
Proses perancangan berperan penting dalam sebuah pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak melibatkan proses perancangan yang kompleks untuk menerjemahkan kebutuhan pengguna menjadi rancangan perangkat lunak. Unified Modelling Language (UML) adalah bahasa untuk memvisualisasikan, menentukan, membangun, dan mendokumentasikan artefak sebuah sistem perangkat lunak. UML berorientasi objek, tidak bergantung pada proses pengembangan dan tidak bergantung pada bahasa pemrograman dan teknologi.

Eriksson dan Panker (1998), memberikan pandangan bahwa model perangkat lunak objek oriented, jika disusun dengan benar, akan mudah dipahami, diubah, dikembangkan, dilakukan verifikasi dan validasi. Jika dilakukan dengan benar, sistem yang dibangun dengan menggunakan teknologi object oriented akan fleksibel untuk diubah, mempunyai arsitektur yang terdefinisi dengan baik dan memungkinkan untuk membentuk reusable component.

Oleh karena itu hasil kegiatan belajar – mengajar tersebut biasanya dievaluasi oleh pengajar dengan memberikan ujian terhadap siswa. Hasil ujian tersebut berupa nilai akademik yang biasanya dilaporkan pada sebuah buku laporan kemajuan belajar siswa atau raport setiap semester. Buku raport digunakan untuk melaporkan hasil kemajuan siswa selama mengikuti kegiatan belajar – mengajar. Buku raport tersebut biasanya diberikan kepada wali siswa oleh pihak penyelenggara tempat belajar mengajar tersebut diadakan, dalam hal ini pihak penyelenggara tempat belajar mengajar tersebut adalah SMA NEGERI 1 RANTAUPRAPAT, saat pembagian raport. Proses pemberian buku raport yang dilakukan dengan cara konvensional tersebut tidak menutup kemungkinan akan memunculkan suatu masalah baru dalam masalah administration pendidikan di kemudian hari, khususnya pada pelaporan kemajuan kegiatan belajar siswa. Permasalahan tersebut misalnya, kesibukan wali siswa yang menghalangi mereka datang ke tempat belajar – mengajar siswa untuk mengambil buku raport, mahalnya biaya pengadaan buku raport untuk masing – masing siswa dan kekurangtelitiannya seorang pengajar untuk menuliskan nilai siswa dalam buku raport. Permasalahan – permasalahan yang dimisalkan tersebut akan sulit sekali untuk diatasi dengan proses pemberian buku raport cara konvensional
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]