Admin
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SISTEM BASIS DATA FUZZY UNTUK PEMBELIAN RUMAH PERUMNAS (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 06:32 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012

Ewi Ismaredah,

Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya

ABSTRAK

Sistem Pengambilan Keputusan dengan dukungan Basis Data Fuzzy dan diimplementasikan dengan program aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Basic . Data dikumpulkan melalui observasi secara langsung dan kajian tentang kriteria dalam pemilihan pembelian rumah. Kajian ini untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang ada, sehingga dapat di implementasikan dengan Sistem Pengambilan Keputusan menggunakan Basis Data Fuzzy Model Tahani. Selanjutnya data dianalisa dan dipahami teknik pendukung keputusan yang akan digunakan dalam pengolahan data yang diperoleh terutama pada prosesnya menggunakan Basis Data Fuzzy Model Tahani, dengan menggunakan data yang bersifat fuzzy, baik itu untuk pembelajaran maupun pengujian. Dari pelatihan dan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan hasil implementasi dengan program aplikasi maka pengambilan keputusan pemilihan pembelian rumah dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Basis Data Fuzzy Model Tahani.


1. Latar Belakang

Pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia akan selalu dibarengi dengan pertumbuhan pemenuhan kebutuhan hidup, terutama kebutuhan primer. Salah satu kebutuhan primer tersebut adalah perumahan. Saat ini banyak pihak yang membangun perumahan dan memberikan berbagai penawaran yang menarik yang berkaitan dengan produk mereka. Pihak yang membangun perumahan sering disebut dengan pengembang perumahan. Pengembang menawarkan berbagai tipe dan jenis rumah, termasuk berbagai jenis fasilitas dan harga yang tersedia. Di satu sisi, hal ini akan membuat masyarakat atau konsumen akan diuntungkan dengan banyaknya alternatif pilihan yang ada. Konsumen akan dapat menyesuaikan pilihan mereka dengan tingkat keinginan dan kemampuan masing-masing.

Dalam suatu waktu, konsumen melihat bahwa rumah yang ditawarkan oleh pengembang sesuai ukuran dan bentuknya dengan apa yang mereka inginkan, namun harganya tidak sesuai. Di waktu yang lain, harga rumah cocok dengan kemampuan mereka, namun tempat dan lokasi tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Akibatnya, transaksi atau proses jual beli sering tidak terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, telah dikembangkan sistem aplikasi berbasis komputer untuk membantu proses pengambilan keputusan, yang disebut dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support Systems (DSS). SPK sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang membantu dalam proses pengambilan keputusan. Sistem basis data (database system) Model Tahani mendeskripsikan suatu metode untuk melakukan pengolahan query fuzzy didasarkan pada manipulasi data. Di sini konsep teori fuzzy lebih banyak digunakan untuk melakukan pengolahan query. Basis data fuzzy model tahani masih tetap menggunakan relasi standar, hanya saja model ini menggunakan teori himpunan fuzzy untuk mendapatkan informasi pada query nya.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]