Admin
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN FASILITAS KAMPUS TERHADAP KINERJA DOSEN DI AMIK INTEL COM GLOBAL INDO KISARAN (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 06:40 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012

Durahman Marpaung,

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

ABSTRAK

Kenerja dosen (performance) merupakan hasil yang dicapai oleh dosen dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta penggunaan waktu. Maka dari itu faktor yang berperan mempengaruhi pendidikan adalah kinerja dosen yang berkualitas. Seorang dosen dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan dilingkungan Fakultas atau Universitas ataupun di Amik Intel Com Global Indo Kisaran, terutama dalam hal proses belajar mengajar. Kita tentunya ingin mempunyai dosen yang berkualitas dengan kinerja yang bagus dan bertanggung jawab. Kompetensi, pengetahuan dan perilaku yang baik merupakan syarat bagi pengembangan karier seorang dosen. Adapun faktor lain yang mempengaruhi dunia pendidikan selian kinerja dosen, adalah kepemimpinan seorang pimpinan tertinggi. Seorang pemimpin tertinggi adalah seorang pemimpin yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif dilingkungan Amik Intel Com Global Indo Kisaran.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Sarana dan Prasarana, Kinerja



  1. PENDAHULUAN

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada bab II pasal 2 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sedang pada pasal 3 menyebutkan bahwa pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokatis serta bertanggung jawab.

Dalam kehidupan dewasa ini di era pasar bebas kita dihadapkan pada perubahan-perubahan yang tidak menentu, yang megakibatkan hubungan tidak lancar antara pendidik dengan lapangan kerja atau “ one to one relationship”, karena apa yang terjadi dalam lapangan kerja sulit diikuti oleh dunia pendidikan, sehingga terjadi kesenjangan.

Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional berusah mengantisipasi perkembangan yang terjadi di era global secara kritis. Melalui visi Departemen Pendidikan Nasional, pendidikan ingin mewujudkan insan indonesia cerdas dan kompetitif.Visi pendidikan yang menjadi sangat jelas dan menjadi pedoman arah misi agar “Pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif dengan adil ,bermutu ,dan relavan untuk kebutuhan masyarakat global.

Untuk mengembangkan fungsi dari pendidikan tersebut maka dosen merupakan ujung tombak dalam mewujudkannya. Dosen mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup, mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada mahasiswa. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang dosen dituntut memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan tersebut.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]