Admin
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SISWA BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 1 SIPIROK (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 06:42 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012

Makmur Hasibuan,

Staf Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO

ABSTRAK

Di dalam Implementasinya, internet sudah merambah ke hampir semua sisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, bahkan antar Negara (Internasional). Internet berperan dalam dunia pendidikan, pemerintahan, sosial ekonomi, bisnis, kebudayaan, politik dan sebagainya. Oleh karena itu, kemudian muncul beragam istilah, diantaranya E-Government, E-Commerce, E-Banking, E-Learning, dan E-Education. E-Learning dan E-Education merupakan dua istilah yang digunakan dalam dunia pendidikan. SMP NEGERI 1 SIPIROK sebagai lembaga pendidikan yang besar berada di Propinsi Sumatra Utara. Dari tahun ke tahun jumlah siswa baru yang diterima semakin bertambah. Akan tetapi siswa yang masuk ke lembaga pendidikan ini berasal dari berbagai tempat baik dari wilayah kota maupun daerah pedesaan bahkah ada juga yang datang dari luar daerah yang berada di Sumatera Utara, hal ini berarti SMP NEGERI 1 SIPIROK dituntut untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan atau menyajikan informasi promosi, pendaftaran, fasilitas maupun administrasi pendidikan misalnya. Dari hari ke hari persaingan di antara lembaga pendidikan semakin ketat dalam memperebutkan konsumen dalam hal ini adalah siswa baru. Untuk menarik siswa baru, maka suatu lembaga pendidikan harus mempunyai suatu strategi yang ampuh, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan fasilitas penyajian pendaftaran dan informasi di lembaga pendidikan tersebut. Di samping itu promosi juga tidak kalah pentingnya, promosi bertujuan agar lembaga pendidikan itu lebih di kenal di masyarakat luas.

Kata kunci : Sistem Informasi, Siswa, Web, Online


1. Latar Belakang

Pada dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan sangat maju di bidang teknologi dan informasi dan telah memicu perubahan bagi setiap aktivitas kehidupan manusia sekarang ini. Hal ini telah mendorong arus globalisasi yang berdampak bagi perkembangan seluruh umat manusia di segala penjuru dunia untuk memenuhi tuntutan perubahan dalam cara berpikir maupun tindakan manusia yang terbelakang menjadi lebih efektif dan efisien dari masa ke masa. Gaya kehidupan yang serba cepat dan instan juga menuntut kita untuk lebih masuk ke dunia teknologi dan informasi. Sama halnya dengan lembaga pendidikan maupun lembaga-lembaga lain, Lembaga pendidikan dituntut untuk mengikuti dan bahkan membina gelombang arus globalisasi ini menuju kearah yang lebih positif dan supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien sehingga mampu bersaing dalam dunia pendidikan dalam negeri maupun di luar negeri.  Dan persaingan ini menuntut untuk dapat menguasai informasi, baik penguasaan dalam proses penyajian, maupun mendapatkan informasi, ia akan bisa tampil baik di tengah persaingan yang sedemikian ketat. Dengan alasan inilah perhatian terhadap proses informasi menjadi sangat di tekankan.

 Saat ini dengan hadirnya internet sebagai wujud perkembangan teknologi dan media informasi, pelengkap kebutuhan telah menjadi keharusan. Melalui internet, siapa saja dan dimana saja dengan mudah dapat mengakses informasi yang dibutuhkannya. Terlebih lagi untuk mendapatkan akses terhadap internet sudah dimanjakan dengan adanya peralatan atau pegangan kita seperti dukungan perangkat Handpone, Notebook, dan perangkat sejenis lainnya, yang dengan itu memungkinkan mendapat akses proses informasi internet tentang apa saja dari seluruh dunia.

Sekarang ini masyarakat membutuhkan segala informasi yang serba cepat dan akurat sehingga pembuatan sistem informasi siswa berbasis Web adalah salah satunya yang dapat dimanfaatkan oleh pihak SMP NEGERI 1 SIPIROK sebagai sarana penyajian pendaftaran, promosi dan informasi.

Dan melihat dari lembaga pendidikan SMP NEGERI 1 SIPIROK yang semakin besar maka sangat penting untuk mengalami perkembangan yang meningkat di dunia komputerisasi. Seperti yang dialami oleh lembaga-lembaga pendidikan lain yang mana dalam pengolahan informasi diolah sehingga menjadi efektif dan efisien. Untuk menunjang terhadap kebutuhan perkembangan yang maju dalam bidang Internet sehingga bisa melakukan informasi kesiswaan dan lainnya serta mendapatkan informasi tentang sekolah dengan secara online. Melihat dari sistem yang berjalan sebelumnya masih menggunakan Program Microsoft word dan Microsoft Excel yang hanya bekerja pada satu komputer saja (stand alone), maka pekerjaan yang kita lakukan akan memakan waktu yang lebih banyak karena tidak terkoneksi ke berbagai jurusan dan fungsionaris yang lain dan hal ini yang akan menjadi kelemahan pada sistem yang sudah berjalan. Oleh karena itu pengolahan data akan lebih baik dan teratur jika menggunakan pemrograman Web yang terkoneksi dengan database MySql dalam suatu sistem, maka hal ini akan menunjang terhadap pekerjaan para Staf dan tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan pada SMP NEGERI 1 SIPIROK, data yang diproses akan lebih maksimal, penyimpanan data akan lebih banyak, serta menarik dalam segi tampilannya.

Pemrograman web adalah suatu program sistem informasi yang memiliki banyak keuntungan dan kelebihan yang jauh menarik dibanding program lainnya. Diantaranya program ini memiliki grafik interface yang lebih menarik dan tidak mudah membuat user merasa jenuh karena memungkinkan pengunjung Web untuk interaktif didalamnya. Selain itu program ini juga lebih mudah dipahami dan dijalankan, sehingga dapat dengan mudah dikuasai.



.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]