Admin
RANCANGAN ALAT PENGHITUNG JUMLAH BARANG YANG BERJALAN DIATAS KONFAIR (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 06:45 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012\

Abdulah Muhazir

Staf Pengajar Teknik Informatika ITM

Abstrak

 Konfair merupakan peralatan yang memiliki efesiensi daya yang relatif besar, dan daya outputnya relatif besar, dan kecepatanya dapat dikendalikan secara tepat, teliti serta relatif mudah. Oleh karena itu Konfair banyak dipergunakan dalam perkembangan dan kemajuan suatu industri. Dalam kenyataan sekarang ini konfair digunakan sebagai plant dari sistem pengaturan kecepatan dan oleh PC (Personal Computer). Akan tetapi sistem pengaturan kecepatan oleh PC saat ini, interface-nya dengan komputer masih melalui parallel port, sehingga masih memerlukan beberapa peralatan diantaranya Programmable Peripheral Interface (PPI) sebagai antarmuka dengan komputer Digital to Analog Converter (DAC) sebagai konversi data Digital Analog menjadi data analog yang harganya terbilang relatif mahal. Sehingga membutuhkan banyak biaya untuk membuat sebuah sistem pengaturan kecepatan konfair dengan komputer.

Kata Kunci : MC AT89S52, IR, Konfeyor, Delphi


1.PENDAHULUAN

Komputer yang bekerja dengan sangat cepat dan akurat telah banyak dimanfaatkan manusia diberbagai bidang seperti kedokteran, pendidikan, industri dan lain-lain. Salah satu pemanfaatan komputer di industri adalah dalam proses penghitungan barang jadi yang sedang berjalan pada sebuah konfair.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka akan dikembangkan program bahasa Delphi yang nantinya dikombinasikan dengan rangkaian interface agar dapat menghitung jumlah benda (objek) yang sedang berjalan pada sebuah konfair untuk selanjutnya mengerjakan sebuah motor listrik penarik kotak. 

Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan konfair adalah alat angkut horizontal yang banyak digunakan dalam proses pemindahan barang jadi dari suatu titik ke titik yang lain di industri. Komputer adalah mesin yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia dengan memberikan instruksi kepada komputer tersebut.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]