Admin
SISTEM PAKAR DALAM HAL MENDETEKSI PENYAKIT TANAMAN PERKEBUNAN SAWIT (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 06:58 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012

1. Pendahuluan

Kemajuan teknologi komputer akhir-akhir ini telah banyak memberi pengaruh tersendiri bagi perkembangan beberapa bidang, diantaranya perkebunan, pertanian, ekonomi, pemerintahan, kesehatan dan pengobatan, serta bidang-bidang lainnya. Pengaruh dapat dilihat dalam bentuk peralatan maupun sistem. Adapun sistem yang berkembang pada saat ini adalah sistem pakar (Expert System), merupakan cabang dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan juga merupakan bidang ilmu yang muncul seiring perkembangan ilmu komputer saat ini. Sistem ini adalah sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar. Sistem ini bekerja untuk mengadopsi pengetahuan manusia kekomputer yang menggabungkan dasar pengetahuan dengan sistem inferensi untuk menggantikan fungsi seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah.

Sistem pakar sebagai kecerdasan buatan, mengabungkan pengetahuan dan fakta-fakta serta teknik penelusuran untuk memecahkan permasalahan yang secara normal memerlukan keahlian dari seorang pakar. Tujuan utama pengembangan sistem pakar adalah mensubtitusikan pengetahuan dan pengalaman pakar di berbagai bidang seperti bidang pertanian, kelautan, bisnis, pendidikan, ilmu pengetahuan, telekomunikasi, geologi dan metereologi, kesehatan dan pengobatan, komunikasi dan transportasi.

Sistem pakar akan menjadi layaknya seorang pakar di dalam bidang tertentu sesuai kebutuhan manusia. Sistem pakar juga merupakan perkembangan dunia teknologi mutakhir, yang membuat manusia/ pengguna mendapat informasi dan paduan pada saat yang diperlukan, selain juga menghemat biaya (Andi, 2005).


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]