Admin
RANCANGAN SIMULASI SISTEM TRAFFIC LIGHT KOTA KISARAN BERBASIS KOMPUTER (Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012)
by Admin Utama - Monday, 26 August 2013, 07:03 PM
 
Prosesor Vol 3 Edisi 6 Desember 2012

Dicky Apdilah,

Staf Pengajar Teknik Komputer AICGI

Abstract

Penelitian Tulisan ini membahas tentang Rancangan Simulasi Sistem Traffic Light Kota Kisaran Berbasis Komputer. Penelitian diawali dengan mencari dan mengumpulkan data atau informasi mengenai cara kerja sistem Traffic Light dari berbagai media seperti internet, buku perpustakaan dan langsung ke tempat beradanya traffic light di kota. Langkah selanjutnya membuat program dan desain tampilan Program untuk traffic light menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 serta membuat Alat simulasinya. Dengan menambahkan berbagai macam objek kontrol sebagai komponen dan sebagai tombol pada form yang dirancang, penempatan komponen tersebut diatur sedemikian rupa agar dilihat lebih professional. Kemudian setelah selesai tahap desain tampilan barulah pembuatan listing program yang berfungsi sebagai mesin control yang bekerja pada Traffic light . Setelah sebuah program traffic light selesai, Barulah pembuatan alat simulasi dilakukan dengan memakai beberapa komponen elektronika seperti Resistor, Dioda dan IC ULN2003. dan terdapat juga parallel port sebagai penghubung antara komputer dan mesin pada simulasi traffic light.Traffic light yang dibuat bekerja berdasarkan kode perintah yang dibuat melalui program pada Visual Basic 6.0. Pengendalian oleh IC ULN2003 dengan membaca instruksi yang dikirimkan oleh CPU melalui LPT1. Instruksi tersebut kemudian dilogikakan di dalam IC ULN2003 rangkaian driver bit – bit data yang terkirim, output dari rangkaian driver memberikan tegangan menghidupkan lampu led.

Kata Kunci : Simulasi, Traffic Light, PC


1. 1. Pendahuluan

Pembangunan sarana tranformasi dari berbagai aspek telah berkembang pesat, perkembangan ini menyebabkan akan dibangunnya infrastruktur pembangunan jalan sebagai sarana tranfortasi darat dibangun demi kelancaran pendistribusian komoditi maupun jasa.

Dalam hal ini sangat diperlukan pengaturan alur lalu lintas, berasal dari perundang - undangan Kepolisian Lalu Lintas Jalan Raya maka di laksanankan peraturan berkendaraan. Rambu-rambu lalu lintas yang dibuat oleh pihak Kepolisian merupakan kendali konvensional, perkembangan teknologi mencapai pada tingkat kontrol seperti traffic light berdasarkan Digitalisme sampai pada kontrol Automatis menggunakan Komputerisasi.

Elektronika yang telah berkembang pesat saat ini telah dapat ditumbuh kembangkan bagai jamur yang terus menerus berkembang tanpa ada hentinya. Perbaikan dan pengembangan alat Elektronika sebagai alat bantu pekerjaan manusia terus dilakukan.

Salah satu diantaranya adalah Komputer, dan bukan hal yang tabu ditelinga kita jika sebuah alat elektronika telah dapat menyatukan seseorang yang berjauhan tempatnya berbincang-bincang dan bertatap muka bagaikan secara langsung, membantu seorang satpam mengawasi daerah kerjanya, dan juga membantu Polisi mengatur jalan dengan mengunakan traffic light telah dibuktikan oleh komputer.

Telah banyak kita lihat kendaraan bermesin baik itu beroda dua maupun empat keatas kita jumpai tentunya setiap detiknya. Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor saat ini menjadi sangat penting untuk menjaga ketertiban lalu lintas agar kemacetan dapat dihindari. Dan salah satu cara untuk menjaga ketertiban lalu lintas ini, digunakan lampu jalan (traffic light) untuk mengatur jalannya kendaraan.

Karena Polisi lalu lintas dalam hal ini, yang berhak mengatur lalu lintas tidak mungkin harus terus menerus berada ditengah persimpangan siang dan malam. Baik kondisi panas maupun hujan. Maka dengan sistem ini membantu Polisi untuk mengatur penguna jalan. Juga memperhitungkan panjang antrian dan lama antrian.

Dari dua keadaan diatas berupa sistem komputerisasi yang dapat mengkontrol sampai pada penggunaan perangkat elektronika yang dikombinasikan akan menghasilkan satu sistem kontrol yang terintegritas, hal ini merupakan suatu efisiensi kerja bagi para pengunanya.


.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]