11
RANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA CONVERTER MENGGUNAKAN FFMPEG (FAST FORWARD MOVING PICTURE EXPERTS GROUP) (Prosesor Vol 4 Edisi 7 Juni 2013)
by Ilka Zufria, M.Kom - Friday, 19 December 2014, 08:52 AM
 
RANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA CONVERTER
MENGGUNAKAN FFMPEG (FAST FORWARD MOVING
PICTURE EXPERTS GROUP)

Ilka Zufria dan Makmur Hasibuan
Staff Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO


ABSTRAK
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu perangkat lunak yang melakukan konversi terhadap file multimedia jenis audio dan video dengan menggunakan FFMPEG ( Fast Forward Moving Picture Experts Group ). Perangkat Lunak Multimedia Converter ini dirancang menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 yang dapat digunakan untuk melakukan konversi file multimedia tipe audio dan video yang tergolong lebih cepat dari multimedia converter sejenis, serta dapat mengekstrak audio dari sebuah file multimedia video. Namun, perangkat lunak ini hanya dapat mengekstrak audio dari file video dengan output berupa format WAV saja dan belum dilengkapi dengan fasilitas untuk memanipulasi ukuran file multimedia tujuan. Besar ukuran file hasil konversi secara otomatis digenerate oleh sistem berdasarkan codec yang dipilih user.
Kata kunci : FFMPEG, Multimedia Converter, Audio, Video.
I. LATAR BELAKANG
Penggunaan komputer sebagai alat multimedia semakin pesat perkembangan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perangkat lunak pemutar file audio dan video baik yang gratis maupun komersial.
Perangkat lunak pemutar file yang ada dewasa ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan,khususnya dalam format file audio dan video yang dapat diputar. Hal ini sering menimbulkan kesulitan bagi user yang menggunakan perangkat lunak tersebut. Sering terjadi file multimedia yang ingin user putar tidak dapat diputar dengan baik oleh perangkat lunak pemutar file multimedia.
Masalah ini diakibatkan oleh banyaknya versi dari format codec multimedia sehingga walaupun file multimedia tersebut berekstensi sama, namun belum tentu jenis codecnya sama. Sebagai contoh adalah file multimedia berekstensi AVI. File multimedia ini memiliki versi-versi codec seperti H264, MP4 dan Matroska. Untuk mangatasi masalah ini, perlu adanya sebuah konverter yang dapat menkonversikan codec sebuah file multimedia sehinga dapat diputar pada perangakat lunak pemutar file multimedia yang digunakan user.
Salah satu perangkat yang dapat melakukan konversi terhadap file multimedia ini adalah FFMPEG (Fast Forward Moving Picture Experts Group). FFMPEG adalah sebuah library yang dirancang oleh Fabrice Bellard, yang dapat merekam, mengkonversi dan men-streaming file-file multimedia jenis audio dan video.
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]