Admin
PENETAPAN ALGORITMA BACKTRAKING PADA PERMAINAN SUDOKU (Prosesor Vol 4 Edisi 8 Desember 2013)
by Admin Utama - Friday, 19 December 2014, 12:36 PM
 
PENETAPAN ALGORITMA BACKTRAKING PADA PERMAINAN SUDOKU
Dicky Apdillah
Staff Pengajar AMIK INTeL Com GLOBAL INDO
ABSTRAK
Algoritma Runut Balik (Backtracking) merupakan salah satu algoritma pencarian yang sering digunakan dalam
beberapa penyelesaian masalah dan untuk memberikan kecerdasan buatan dalam permainan. Algoritma ini
akan mencari solusi berdasarkan ruang yang mengarah kepada solusi yang akan diproses. Penulis merasa
tertarik untuk menerapkan algoritma runut balik ini sebagai kecerdasan buatan dalam permainan Sudoku. Oleh
karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai” Penetapan Algoritma Backtracking Pada Per mainan
Sudoku”. Game adalah suatu system yang memiliki aturan dengan suatu varibel dan hasil yang dapat dihitung,
dimana hasil yang berbeda ditugaskan dengan nilai-nilai yang berbeda, dimana pemain melakukan usaha
dalam mempengaruhi hasil perhitungan tersebut. Sudoku adalah permainan dengan menggunakan angka yang
sederhana namun membutuhkan ketelitian yang tinggi dan pemikiran yang matang dalam penyelesaiannya.
Permainan ini dapat dimainkan oleh semua kalangan masyarakat karena sangat sederhana, tak membutuhkan
banyak biaya dan dapat dimainkan oleh tua atau maupun muda. Sudoku melatih kemampuan berfikir dan
kemampuan analis pemain.Hal-hal ini lah yang menjadi pertimbangan mengapa kemudian saya menjadikan
permainan Sudoku ini menjadii objek perancangan.
Kata Kunci :Algoritma, Game, Sudoku
I. PENDAHULUAN
Ada berbagai macam permainan teka teki, salah
satunya adalah Sudoku yang berasal dari Jepang.
Dalam menyelesaikan permainan ini, pemain
dituntut untuk berpikir dengan logika. Secara
umum, Sudoku merupakan permainan dalam
bentuk tabel yang berukuran 9x9. Dalam Sudoku
yang berukuran 9x9 terdapat Sembilan
kelompok/blok yang berukuran 3x3. Tujuan
permainan ini adalah untuk mengisi setiap sel tabel
yang masih kosong dengan angka-angka,
sedemikian dan tidak ada angka yang berulang
dalam baris maupun kolom.
Terdapat beberapa algoritma dalam penyelesaian
permainan Sudoku.Pada kesempatan ini algoritma
yang digunakan adalah Algoritma Backtracking
(runut balik). Permain Sudoku adalah salah satu
permasalahan paling banyak digemari saat ini, dan
juga merupakan salah satu permasalahan paling
sulit dibidang informatika. Permasalahan Sudoku
sulit untuk dipecahkan karena masuk dalam
permasalahan NP-Complete, sehingga tidak bisa
diselesaikan dalam waktu yang sama. Hingga saat
ini banyak programmer yang mencari algoritma
yang tepat untuk menyelesaikannya.
Pada tahun 1950-an Jhon McCarthy dari
Mussachusets Institute of Technology (IMIT)
menciptakan bahasa pemograman LISP. Kemudian
berkembang dengan dibuatnya program komputer
yang “berpikir seperti permainan catur dan
pembuktian perhitungan matematis secara
komputasi.Hal ini membuktikan bahwa aplikasi
kecerdasan buatan digunakan dalam memecahkan
permasalahan permainan dan mmemecahkan tekateki.Para peneliti merasa bahwa kemampuan
komputer untuk menjalankan permainan
merupakan demonstrasi luar biasa tentang
intelegensia manusia, tentu dalam hal yang
terkendali dan terbatas. Backgammon, tic tac toe,
dan lainnya ditulis, dicoba dan diperbaiki serta
terus di perkembangkan dengan menggunakan
teknik kecerdasan buatan. Program kecerdasan
buatan juga ditulis untuk memecahkan teka-teki
dan pertanyaan teka-teki.Sampai sekarang,
permainan selalu digunakan sebagai contoh dalam
mengajar kecerdasan buatan.
Algoritma Runut Balik (Backtracking) merupakan
salah satu algoritma pencarian yang sering
digunakan dalam beberapa penyelesaian masalah
dan untuk memberikan kecerdasan buatan dalam
permainan. Algoritma ini akan mencari solusi
berdasarkan ruang yang mengarah kepada solusi
yang akan diproses. Penulis merasa tertarik untuk
menerapkan algoritma runut balik ini sebagai
kecerdasan buatan dalam permainan Sudoku. Oleh
karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas
mengenai” Penetapan Algoritma Backtracking Pada
Permainan Sudoku”.
.:: All Right Reserved @2015 by AMIK INTeL Com GLOBAL INDO ::.

[Home]